:: Headlines News About Bonsai in the World ::

Loading...

Amazing Tree

Pohon  tertua di dunia:

1 Spruce Ione Norwegia (9550 tahun)
 
Tingginya hanya 4 meter, namun sebatang pohon sejenis cemara, yang masih hidup di Swedia, diketahui berusia 9.550 tahun. Hidup sejak akhir zaman es, pohon tersebut tercatat sebagai yang tertua di dunia saat ini.

Spesies pohon spruce Ione Norwegia ini ditemukan tahun 2004. para peneliti menemukannya di sekitar semak-semak pegunungan pada ketinggian 910 meter di Provinsi Dalarna, Swedia. Pohon ini tidak langka karena penduduk sering menggunakan sebagai pohon Natal.

“Usianya yang sangat panjang kemungkinan besar dipicu emampuannya mengkloning diri sendiri,” ujar Leif Kullman, profesor eologi dan lingkungan hidup di Universitas Umea, Swedia. Batang dan rantingnya memang diketahui dapat bertahan hidup hingga 600 tahun. Kullman menjelaskan, saat batangnya mati, batang baru akan dibentuk dari akarnya sehingga umurnya menjadi sangat panjang.
Pohon ini lebih tua dari pinus Bristlecone di White Mountain California yang hanya berusia 5000 tahun. Pinus Bristlecone tertua hanya bertahan hidup hingga 7.500 tahun namun tumbuh menjulang hingga 150 meter. Jika umur pinus Bristlecone diukur dari garis pohon di rantingnya yang dipantau setiap tahun, umur cemara di Swedia diukur dari jejak radiokarbon di akarnya.

Kullman menyatakan pohon yang usianya lebih tua dari 9.550 tahun bisa dikatakan mustahil. Sebab, seluruh wilayah Swedia kemungkinan masih diliputi es saat itu.


2. Pohon Jomon Sugi  (7000 tahun)

menurut wikipedia, Jomon sugi adalah pohon cemara tertua di Jepang ditemukan pada tahun 1968, dengan tinggi 25,3 meter dengan volume 300 m kubik diperkirakan usianya antara 2000 – 7200 tahun terletak di Pulau Yakushima bagian paling utara Jepang 40 menit dengan pesawat dari Bandar Udara Kagoshima.
 
 
 
 




3. Pohon Yew Llangernyw, (5000 tahun)

Yew Llangernyw adalah jenis pohon kuno (Taxus baccata) di halaman gereja di desa Llangernyw di Conwy County Borough, North Wales. Pohon ini terfragmentasi dan bagian intinya telah hilang, meninggalkan cabang besar beberapa bagian. Ketebalan pohon dibagian dasarnya adalah 10,75 m. Meskipun sangat sulit untuk mengetahui secara pasti umur pohon Yew, namun diyakini berusia 4.000 tahun dan 5.000 tahun.

 

4. Bristlecone Pine (4200 tahun)

Pohon cemara atau pine (pinus ) merupakan pohon dari family Pinaceae yang bisa kita temukan di mana saja dan kapan saja asalkan daerah itu tanahnya berpasir berkapur , banyak air ataupun yang mempunyai kadar keasaman cukup tinggi. Kita bisa menemukan pohon ini mulai dari Siberia, Skotlandia, Norwegia, kepulauan Canary, Filipina, pegunungan Himalaya sampe ke pelosok New Zealand,Brazil dan Chili.
Pohon ini memang tenar karena selain dapat hidup dimana-mana juga mempunyai daya jual yang sangat tinggi dalam industri perkayuan. Semua bagian pohon cemara bisa dimanfaatkan mulai dari kayu,getah , ranting,biji hingga daunnya mempunyai kegunaan yang bernilai ekonomi aliasnya pohon ini komersil banget

Pohon cemara adalah salah satu pohon yang berumur panjang karena bisa mencapai umur sekitar 100-1000 tahun dan bahkan mencatat rekor menjadi pohon tertua di dunia melalui cemara dari spesies Great Basin Bristlecone Pine ( Pinus longaeva ) yang di tahun 2008 ini berumur 4840 tahun!!! Pohon ini tingginya antara 3-80 meter tetapi rata-rata tingginya 15-45 meter. Pohon tertinggi dari spesies Sugar Pine sedangkan yang terpendek adalah cemara Potosi Pinyon dan Siberian Dwarf Pine
 

5. Pohon Sarv-e Abarqu, (> 4000 tahun)

Sarv-e Abarqu (“cemara dari Abarqu”), juga disebut Sarv Zoroaster, adalah sebuah pohon berjenis (Cupressus sempervirens) cemara yang terletak di Abarkuh, Yazd, Iran. Pohon ini adalah pohon yang menjadi monumen nasional Iran dan juga sebagai daya tarik wisata utama di Iran. Dengan tinggi 25 meter, pohon ini diperkirakan berusia lebih dari empat ribu tahun dan mungkin juga menjadi pohon tertua di benua Asia.

 
6. Elia Bouybon, Pohon Zaitun dari Vouves , (3500 - 4000 tahun)

Pohon ini adalah pohon zaitun tertua di dunia. Namun hingga kini, pohon yang terletak di Kreta, Yunani, tersebut masih menghasilkan minyak zaitun. Sejumlah peneliti di Kreta memperkirakan pohon ini berusia antara 3.500 hingga 4.000 tahun. Tebalnya mencapai sekitar 45 meter.Pohon zaitun kuno ini dikunjungi oleh 20 ribu orang tiap tahunnya. Lokasinya terletak di sebuah desa di Ano Vouves, Kreta.

 
 
7. Pohon Senator, (3500 tahun)

Senator adalah nama sebuah pohon cemara, dengan nama ilmiah Taxodium ascendens yang bisa dibilang sebagai salah satu pohon cemara tertua di dunia. Pohon ini, terletak di Taman Big Tree, Longwood, Florida. Pada saat kematiannya,pohon ini memiliki tinggi 125 kaki (38 m), dengan diameter batang 17,5 kaki (5,3 m). Pohon Senator hancur oleh api pada tanggal 16 Januari 2012.


 
 
8. Pohon Sugi Kayano, (2300 tahun)
 
Pohon ini adalah pohon jenis Cryptomeria (Sugi) yang terdapat di Yamanaka Onsen di Kaga, Ishikawa Prefecture, Jepang. Salah satu dari empat pohon ini diyakini suci dan terdapat di Kuil Sugawara, dan telah ditetapkan sebagai Monumen Alam Khusus dari Badan Urusan Budaya Jepang.
Pohon yang memiliki tinggi 54,8 m, dasarnya memiliki ukuran 11,5 m ini, terbagi menjadi dua batang yang masing-masing terpaut 4,9 m di atas permukaan tanah. Pada tahun 1928, Profesor Manabu Miyoshi dari Tokyo Imperial University memperkirakan usia pohon tersebut mencapai 2.300 tahun.
 

9. Pohon Yew Fortingall, (2000 tahun)
 
Yew Fortingall adalah pohon yew kuno (Taxus baccata) yang terletak di gereja desa di Fortingall di Perthshire, Skotlandia. Berbagai perkiraan telah menempatkan pohon ini sebagai pohon tua yang memiliki antara 2.000 dan 5.000 tahun. Penelitian terbaru dari usia pohon ini menunjukkan kemungkinan hanya 2.000 tahun. Hal ini tentunya masih membuat pohon ini sebagai salahsatu pohon tertua di Eropa. (**)





 

10. Pohon Jaya Sri Maha Bodhi, (2217 tahun)

Jaya Sri Maha Bodhi adalah pohon Suci Bodhi di Anuradhapura, Sri Lanka. Pohon ini konon sebagai anak pohon dari pohon Bodhi di India yang mana Buddha mendapatkan pencerahan. Pohon ini ditanam pada tahun 288 SM, dan merupakan pohon tertua di dunia dimana manusia menanam pohon dengan tanggal tanam yang dikenal.

Pohon ini ditanam di teras tinggi sekitar 6,5 m (21,3 kaki) di atas tanah dan dikelilingi oleh pagar, dan menjadi salah satu peninggalan paling suci umat Buddha di Sri Lanka dan dihormati oleh umat Buddha di seluruh dunia. Tembok ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Sri Kirthi Rajasingha, untuk melindunginya dari gajah liar yang mungkin bisa merusak pohon.
Pohon bodi ini dibawa ke Sri Lanka oleh Sangamitta Thera pada abad 3 SM. Pada 249 SM, Siri Maha Bodhi ditanam di Taman Mahameghavana di Anuradhapura oleh Raja Devanampiyatissa.

 
11. Pohon Te Matua Ngahere, (4000 tahun)

Te Matua Ngahere adalah pohon kauri raksasa (Agathis australis) jenis pohon konifera yang terletak di Hutan Waipoua dari Northland Region, Selandia Baru. Arti nama pohon ini “Bapak Hutan”. Meskipun tidak sebesar tetangganya Tane Mahuta, Te Matua Ngahere adalah lebih gemuk, dengan ketebalan lebih dari 16 meter (52 kaki). Hal ini diyakini menjadi yang terbesar ke dua hidup dari pohon kauri. Meskipun tidak ada buktiyang pasti, diperkirakan usia pohon ini antara 1200 bahkan mungkin 4000 tahun.

 
12. Pohon Stara Maslina, (2000 tahun)

Stara Maslina adalah salah satu pohon zaitun tertua di dunia, yang terletak dekat Stari Bar (Kota Bar) di Montenegro. Pohon ini dikatakan berusia lebih dari 2.000 tahun. Yang juga merupakan objek wisata populer di negeri ini. Pohon bernasib tragis karena terbakar

 

 
13. Pohon Oak Angel, (1500 tahun)

Pohon Oak Angel adalah pohon ek yang hidup di selatan terletak di Angel Oak Park, di Charleston, South Carolina. Diperkirakan lebih dari 1500 tahun usia pohon ini, dengan tinggi 65 ft (20 m), diameter 28 ft (8,5 m), dan lebar mahkotanya seluas 17.000 kaki persegi (1.600 m2). Dahan terpanjang adalah 105 kaki (32 m) panjangnya. Pohon dan taman sekitarnya telah dimiliki oleh kota Charleston sejak tahun 1991

 
14. Pohon Tule, (1433 tahun)

El Arbol del Tule adalah pohon yang terletak di halaman gereja di pusat kota Santa MarĂ­a del Tule di negara bagian Meksiko, Oaxaca, sekitar 9 km sebelah timur kota Oaxaca di jalan menuju Mitla. Pohon ini adalah berasal dari jenis cemara Montezuma (Taxodium mucronatum), atau ahuehuete. Memiliki batang stoutest dari setiap pohon di dunia. Pada tahun 2001 ia ditempatkan pada daftar UNESCO sementara dari Situs Warisan Dunia. (**)

 
15. Pohon Teko baobab, (1200 tahun)
 
Pohon teko Baobab ini merupakan bagian dari spesies Adansonia. Lokasi pohon berada di kawasan Afrika, namun bisa juga ditemukan di Asia dan kawasan Peninsula Arab. Namun tanaman ini paling banyak ditemukan di kawasan Madagaskar.Pohon ini sangat unik karena berbentuk menyerupai botol atau teko. Khusus untuk foto di atas, pohon itu berlokasi di Ifaty Madagaskar. Usianya mencapai 1.200 tahun.Para penelilti memperkirakan, pohon langka ini bisa menampung air hingga 120 ribu liter.
 
  


 
 
Sumber: wikipedia.org, uniknya.com, unikgaul.com dan detik.com Maret 2012 dan Agustus 2012